Saturday 16 December 2017

DEFINISI AL-QURAN

2.0 Definisi

Dari segi bahasa, Al-Quran berasal daripada bahasa arab, yakni bentuk jamak dari kata benda atau masdar dari kata kerja qara'a-yaqra'uqur'anan yang artinya adalah " bacaan " atau " sesuatu yang dibaca berulang-berulang ". Al-Quran secara istilah bererti kitab suci umat islam yang di dalamnya berisi firman-firman Allah SWT yang diturunkan kepada Rasulullah SAW sebagai mukjizat. Al-Quran disampaikan dengan ljaln mutawatir dari Allah SWT dengan perantara malaikat Jibril AS kepada Nabi Muhammad SAW dan membacanya bernilai ibadah.Di bawah ini adalah beberapa pengertian Al-Quran menurut beberapa ahli, antaranya ialah Dr. Subhi as-Salih, Muhammad Ali ash-Shabumi dan Syekh Muhammad Khudari Beik.

a. Menurut Dr. Subhi as-Salih

Meunurut Dr. Subhi as-Salih, Al-Quran adalah kalam Allah SWT yang merupakan sebuah mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW , ditulis dalam mushaf dan diriwayatkan secara mutawatir , serta membacanya adalah termasuk ibadah.

b. Menurut Muhammad Ali ash-Shabumi

Menurut Muhammad Ali ash-Shabumi, Al-Quran ialah firman Allah SWT yang tidak ada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW penutup oara Nabi dan Rasul dengan perantara malaikat Jibril AS, ditulis kepada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepasa kita dengan cara mutawatir. Membaca dan mempeajari Al-Qursn adalah ibadah dan Al-Quran dimulai dari surah Al-Fatihah serta ditutup dengan surah An-Nas.

c. Menurut Syekh Muhammad Khudari Beik

Al-Quran merupakan firman Allah SWT yang berbahasa Arab, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk difahami isinya, disampaikan kepada kita dengan car mutawatir, ditulis dalam mushaf yang dimulai dari surah Al-Fatihah dan diakhiri dengan surah An-Nas.

No comments:

Post a Comment